Manfaat Propolis Sebagai Antibakteri, Antivirus, dan Antijamur

May 19, 2013

Kesehatan

IndofestInfo – Manfaat propolis dalam melawan jamur, bakteri, bahkan virus. Sobat blog IFest kali ini kita akan sedikit membahaas tentang propolis, mungkin sobat pernah dengar bahkan sudah sangat paham tentang apa itu propolis dan manfaatnya, nah kali ini IFest akan kasih penjelasan nih tentang apa itu propolis serta khasiatnya, baiklah kita mulai saja.

Propolis atau lebih dikenal dengan “bee glue” ialah air liur lebah yang konon memiliki khasiat yang tak kalah dibandingkan madu itu sendiri, propolis dihasilkan oleh lebah pekerja melalui kelenjar khusus dalam tubuhnya, lebah pekerja biasanya hinggap di pucuk-pucuk pohon atau tunas untuk mengumpulkan sejenis resin lengket yang biasanya keluar dari pucuk-pucuk pohon, di batang pohon, ataupun di tunas pohon. Resin lengket ini diserap oleh lebah yang kemudian  digunakan untuk melindungi sarang mereka dari terpaan angin, hujan maupun gangguan dari binatang lain, seperti laba-laba, kumbang, dan lain-lain. Jika ada serangga lain yang mendekat mereka biasanya menyenyatnya hingga mati lalu membungkus serangga / hewan yang mati tersebut dengan propolis ini.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat dan kandungan yang terdapat pada propolis ini. Salah satu peneliti propolis yakni Pliny, the Elder membagi propolis menjadi 3 kategori yakni:

1.  Commosis -  propolis  yang bermanfaat sebagai disinfektan.
2. Pissoceros - Sebagai penguat struktural.
3. Propolis – Sebagai penutup sarang lebah dari gangguan luar atau “polis.”

Pliny juga menjabarkan aksi obat propolis pada manusia dalam mengurangi  pembengkakan, pengurang rasa sakit, dan penyembuhan luka terbuka.

Selama Perang Boer  antara tahun 1888-1902 , propolis banyak digunakan untuk dicampur dengan minyak  jelly dan berhasil digunakan untuk mendisinfeksi luka terbuka. Sebelum ditemukannya dari antibiotik proppolis bahkan sering digunakan untuk mengobati luka infeksi akibat perang.

Dan yang lebih hebat lagi baru-baru ini, propolis juga telah terbukti efektif melawan bakteri resisten terhadap penisilin, ampisilin, methicillin, streptomisin, chloramphenicaol, oxytetracycline, eritromisin, dan sulfathiazole. Hal ini juga efektif terhadap E. coli dan salmonella.Saat propolis digunakan bersama dengan alkohol propolis dapat lebih efektif dalam mengobati infeksi akibat bakteri dan jamur.

Beberapa Khasiat dan Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

A. Propolis Memiliki Beberapa Senyawa Yang Memliki Sifat

  • Antiseptik
  • Antibiotik
  • Antibakteri
  • Antivirus
  • Antijamur

B. Komponen Lain Yang Terkandung Dalam  Propolis 

  • 55% balsam dan resin senyawa,
  • 30% lilin lebah,
  • 10% minyak halus dan aromatik,
  • 5% serbuk sari, ditambah flavonoid, asam sinamat, alkohol cinnamyl, vanili, asam caffeic, tetochrysin, isalpinin, pinocembrin, chrysin , galangin, dan asam ferulat.

Propolis juga ternyata dikatakan memiliki flavonoid 500 kali lebih banyak dari kadnungan rata-rata jeruk  lho.
Nah bagaimana sobat IFest menarik bukan manfaat dan khasiat propolis ini, propolis sekarang sudah banyak beredar disekitar kita kok, jadi silahkan saja sobat IFest jika ada yang berminat untuk mencoba manfaat propolis ini, salam sehat untuk semua.

Indofest.Info

 

,

Subscribe

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

No comments yet.

Leave a Reply